Cara Menulis Artikel dan Contohnya

Cara Menulis Artikel Untuk Membuat Tulisan Artikel yang Baik,Contoh Artikel Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar, Contoh artikel, contoh artikel pendidikan, contoh artikel singkat, contoh artikel yang baik dan benar, contoh artikel populer, contoh artikel kesehatan, contoh artikel tentang kesehatan, contoh artikel yang benar, contoh artikel panjang, contoh artikel ilmiah kesehatan

Cara menulis artikel – Sebelum masuk ke materi cara menulis artikel dengan baik, sebaik nya kita ketahui dulu apa itu artikel ? Artikel ialah tulisan karangan pendek yang memiliki minimal 300 kata, yang mengulas topik tertentu yang diperuntukkan untuk sampaikan pemikiran pada sebuah realita, baik berbentuk bukti, ide atau opini tertentu.

Sebetulnya menulis artikel dasarnya sama (terhitung artikel yang banyak ditanya di atas). Satu perihal yang penting diingat dalam menulis artikel ialah JENIS artikel apa yang ingin anda catat. Jika anda tidak paham jenis artikel apa yang anda catat, susah diharap artikel anda akan sukses menarik minat baca karena artikel anda belumlah jelas formatnya.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar, Contoh artikel, contoh artikel pendidikan, contoh artikel singkat, contoh artikel yang baik dan benar, contoh artikel populer, contoh artikel kesehatan, contoh artikel tentang kesehatan, contoh artikel yang benar, contoh artikel panjang, contoh artikel ilmiah kesehatan

Nah, dalam hidangan hangat ini kali saya akan tolong anda menerangkan langkah membuat semua jenis artikel berikut saya uraikan misalnya di hadapan anda.

Karena pembahasan kali ini lumayan panjang, anda haruslah sabar membacanya dan perhatikan tiap poin nya agar bisa membuat artikel yang bagus.

Beberapa langkah Menulis Artikel Secara Umum

Pada dasarnya, beberapa langkah menulis artikel bisa kita bagi jadi 5 point utama berikut:

  • Tetapkan Topik. Berikan isi topik sampai ke detail nya. Makin detail makin bisa mengundang orang untuk membaca artikel anda.
  • Tentukan Arah penulisan. Umumnya artikel, apa lagi dalam artikel jenis deskripsi dan cerita, tidak mengatakan arah penulisan secara tertulis, tetapi tersurat.
  • Definisikan gagasan dasar atau permasalahan. Umumnya pendefinisian permasalahan dalam wujud pertanyaan. Namun dalam penulisan artikel deskripsi dan cerita, rumusan permasalahannya tidak tertulis tetapi terselinap dibalik jalur tulisan.
  • Bangun topik dan ulasan sesuai jenis artikel.
  • Buatlah kesimpulan dari suatu tulisan. kesimpulan membuat suatu tulisan mudah di mengerti.

Diatas adalah beberapa langkah penulisan artikel pada umumnya. Beberapa langkah detailnya harus anda samakan dengan wujud atau jenis artikel yang ingin anda catat. Karena setiap wujud atau jenis artikel mempunyai cara penulisan berlainan.

Berikut saya akan terangkan cara penulisan masing-masing wujud atau jenis artikel dan misalnya.

Unsur yang Perlu Ada di Dalam Artikel

  1. 5W+1H

– What: Apa persoalannya

– Where : Dimana tempatnya

– When : Kapan

– Who : Siapa yang bercerita, atau menceritakan tentang siapa

– Why : Kenapa persoalan terjadi

– How : Bagaimana persoalan itu bisa terjadi, atau bagaimana persoalan itu diselesaikan.

2. Sesuai Dengan Kejadian Sebenarnya(fakta)

Artikel memang terdiri dari 2 yaitu Fiksi dan Nonfiksi. Dalam artikel yang bukan fiksi Anda pasti harus membuat yang sama sesuai fakta yang ada. Bagaimanakah cara ketahui itu fakta ataulah bukan. Silahkan coba check dan ricek dari beragam sumber sampai dapatkah artikel yang sesuai.

Pentingnya menyampaikan hal sama sesuai fakta ialah karena sekarang ini undang-undang kita ketat sekali mengenai UU ITE yang bisa memenjarakan orang yang menulis informasi berbohong atau hoax.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi ialah cerita yang mempunyai tujuan untuk menulis deskripsi satu bukti hingga pembaca bisa memikirkannya di dalam pikiran. Saya lebih suka menyebutnya sebagai artikel gambar. Karena 100 % artikel ini berisikan deskripsi kondisi, peristiwa, kejadian.

Cara Menulis Artikel Deskripsi

  • Tetapkan object, baik berbentuk kondisi atau ide yang ingin digambarkan
  • Tetapkan arah penulisan (tersurat).
  • Tentukan rumusan ide dasar (tersurat).
  • Buat tulisan yang mengutur. Seperti mengurut berdasarkan posisi waktu: pagi-siang-sore; atau posisi jam 1, jam 2 dan seterusnya; atau memakai posisi tempat: dari tepi ke tengah; dari pangkal ke ujung; atau kita ingin menggunakan posisi kebutuhan: dari yang terpenting, penting ke yang kurang penting.
  • Tutup dengan paragraf yang mengaitkan objek yang digambarkan.

Oya, penulis artikel deskripsi pada contoh di atas memakai tehnik peningkatan berdasar posisi tempat. Penulis memvisualisasikan kisah hidupnya saat wisata ke Pantai Pulau Bali. Ia memvisualisasikan cantiknya perjalanan di pantai itu dari sejak awalnya sampai akhir perjalanan secara runut. Sang penulis ingin Anda (pembaca) menyaksikan, rasakan, alami apa yang ia alami dan alami.

Persyaratan berhasil bikin artikel deskripsi ialah, pertama: semakin banyak indera yang kita ikutsertakan semakin baik karena pembaca segera dapat rasakan, memikirkan bahkan juga turut alami apa yang kita lukiskan. Dari contoh artikel di atas misalkan pada judul: Semburat Senja… Sang penulis ingin kita menyaksikan senja.

Ke-2 , tidak boleh masukan penilaian atau opini anda di dalam artikel. Dasar artikel deskripsi ialah MENGGAMBAR atau MELUKIS, jadi gambar dan lukislah apa yang ada, pure alias murni ajak pembaca untuk menyaksikan kondisi atau realitas atau pengalaman yang anda rasakan dan alami.

Contoh Artikel Deskripsi

Aku memiliki rumah yang terletak di lereng gunung dan dekat dengan sawah. Rumahku tepat berada di depan jalan untuk menuju gunung.

Di sebelah kiri rumahku terdapat masjid yang cukup besar yang biasanya digunakan untuk shalat Idul Adha. Di depan rumahku terdapat halaman yang cukup luas dan biasanya digunakan untuk bermain anak-anak kecil di sekitar rumah.

Cat rumahku berwarna hijau muda dan kusennya berwarna hijau tua. Pintu rumahku juga berwarna hijau tua. Rumahku tidak terlalu besar namun cukup untuk menampung 10 orang, karena terdapat lantai 2 yang dapat dihuni.

Di lantai 2 cat dinding bagian depan berwarna orange. Sementara pada jendela, kusen dan pintunya berwarna merah. Dari jauh rumahku sangat mencolok karena perpaduan dua warna tersebut.

Di bagian depan terdapat teras yang biasa untuk duduk santai dengan keluarga. Jika masuk pintu depan akan langsung menuju ruang tamu, dan di sebelah kiri tersedia ruang lesehan dan disediakan televisi. Biasanya di sini pusat keluarga kami berkumpul.

Di ruang lesehan itu terdapat pintu untuk masuk ke ruang tengah. Di ruang tengah ini cukup luas dan terdapat satu set meja dan kursi makan yang biasanya kami gunakan untuk makan bersama, di ruangan ini juga ada akuarium ikan

Artikel Cerita

Artikel jenis ini diperuntukkan untuk bercerita satu kondisi atau keadaan, baik berdasar posisi waktu atau posisi peristiwa. Saya lebih suka memberikan nama sebagai artikel narasi.

Ya, seperti narasi (novel, cerpen, komik, dongeng, film, sinetron, dll), dalam artikel cerita harus ada penokohan, seperti dalam narasi secara umum. Si figur dilukiskan sebagai figur yang bergelut dengan permasalahan dan memiliki konflik dengan kehidupan. Dan dia usaha memenangi pertarungan itu. Ada perselisihan kehidupan membuat tulisan jenis ini menarik minat baca. Karena jika tidak ada perselisihan, karena itu sebuah cerita bisa menjadi cemplang.

Cara Menulis Artikel Narasi

  • Tetapkan topik.
  • Tetapkan arah (tersurat).
  • Tentukan rumusan ide dasar (tersurat).
  • Bangun tulisan dengan membuat jalan cerita: awalnya – tengah – akhir. Sisi awalnya bikinlah pembukaan yang menarik; sisi tengah deskripsikan pertarungan hidup si figur sampai pada pucuk perselisihan alias klimaks; di bagian akhir selesaikan dengan anti klimaks dan ending.
  • Kemudian, bikinlah anti klimaks sebagai penutup.

Persyaratan sukses menulis artikel cerita ialah pada kekuatan kita menyuguhkan perselisihan yang dirasakan figur narasi dan bagaimana si figur menanggapi permasalahan itu dengan triknya sendiri. Semakin luar biasa perselisihan, semakin luar biasa sikap si figur, semakin memikat artikel itu.

Oya, dalam menulis cerita, kita (penulis) bisa menyelipkan penilaian atau pesan yang terdapat di dalam narasi. Namun penilaian atau pesan terpasang, tersurat, tidak tertulis. Pesan narasi bersatu di dalam jalan cerita dan tidak diobral secara fulgar seperti artikel argumentasi. Mirip contoh pada tulisan biografi Ir. Soekarno di atas, pesan di dalam artikel menunjukkan: perjuangan tanpa mengenal capek raih dan menjaga kemerdekaan.

Contoh Artikel Narasi

Liburan semester tahun lalu, saya tidak berlibur kemana – mana. Saya hanya di rumah melakukan kegiatan seperti biada kecuali pergi ke sekolah.

Kegiatan yang saya lakukan di rumah hanya membantu mama saya untuk membuat kue nastar untuk lebaran. Saat saya membantu mama, saya terlalu lama ketika memanggang kue nastarnya sehingga kuenya gosong.

Karena hal tersebut, mama memarahi saya, lalu saya mencoba untuk membuatnya lagi dengan penuh kehati – hatian supaya tidak gosong lagi. Saya membuat kue dibantu oleh sepupu – sepupu saya.

Setelah semua kue selesai dibuat, kami pun membersihkan semua ruangan di rumah, menyapu halaman, dan mencuci piring. Liburan kali ini terasa sangat menyenangkan karena semua hal dilakukan bersama sepupu – sepupu saya.

Artikel Eksposisi

Artikel jenis ini sebagai cerita yang mempunyai tujuan untuk merinci satu topik. Bisa berbentuk rincian mengenai pengertian, peranan, sisi dan manfaat satu ide. Dapat berbentuk cara, langkah atau proses kerjakan suatu hal.sebuah hal. Saya lebih suka mengatakan sebagai artikel pameran.

Saya sebutkan artikel pameran karena keunikan artikel ini ialah memperlihatkan beberapa poin, urut-urutan angka, step by step cara, menyejajarkan pengertian, dan lain-lain. Kadang ada elemen penilaian individu dalam artikel jenis ini, kadang tidak (khususnya pada penjelasan pengertian ilmiah).

Cara Menulis Artikel Eksposisi

  • Tetapkan topik.
  • Tetapkan arah (tertulis).
  • Tentukan rumusan ide dasar (tertulis).
  • Bangun tulisan sama sesuai arah alur. Jika cerita diperuntukkan untuk menerangkan pengertian, karena itu bangun cerita dengan menyuguhkan data dan bukti untuk memperkuat pengertian atau proses. Namun jika anda ingin menerangkan langkah, bikinlah beberapa tahapan dari sejak awalnya sampai akhir secara struktural. Jika anda ingin menerangkan manfaat, bikinlah manfaatnya satu-satu. Dan jika cerita diperuntukkan untuk menerangkan proses, karena itu uraikan prosesnya.
  • Tuliskan kesimpulan.

Contoh artikel ini bisa anda dapatkan bersebaran di internet yang terkait dengan: pengertian, peranan, faedah, peranan, atau artikel yang berisi tutorial lakukan suatu hal alias How To. Jenis tulisan pada perumpamaan ini ialah sejenis How To, yakni cara menulis daftar pustaka dari internet.

Artikel eksposisi terutamanya jenis how to menurut saya pribadi ialah artikel yang termudah dikerjakan (khususnya untuk menulis artikel di website). Karena kita menulis beberapa hal yang memiliki sifat ringkas tanpa penjelasan tanpa analisis dalam. Artikel yang kemungkinan cukup sulit ialah menulis pengertian ilmiah, karena kita betul-betul harus cari literatur yang paling dipercaya untuk memberikan keyakinan pembaca.

Contoh Artikel Eksposisi

Sebenarnya, bukan hanya ITA yang menawarkan rumah instan sehat untuk Bandung atau dikenal dengan Rumah ITA untuk Bandung (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar-pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”.

Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian sambungannya. Kekuatannya terhadap gempa juga telah diuji di laboratorium sampai zonasi enam.

Artikel Argumentasi

Tulisan di dalam artikel Argumentasi ini berbentuk cerita penilaian (opini individu, oranisasi atau instansi). Penulisannya didasari oleh kritikan pada sesuatu opini, kondisi atau peraturan. Penulis umumnya akan masukkan penilaian individu atau kelompoknya di dalam tulisan secara fulgar, pasti dengan data atau bukti yang memberikan dukungan. Hingga gagasannya dapat tarik support dari pembaca. Saya lebih suka menyebutnya sebagai artikel opini.

Cara Membuat Artikel Argumentasi

  • Tetapkan permasalahan/ topik.
  • Menetapkan arah topik tulisan.
  • Tetapkan rumusan permasalahan (tertulis).
  • Bangun cerita dengan menyuguhkan data dan bukti untuk memperkuat opini sendiri dan dapat lemahkan opini seseorang (jika ada).
  • Beri kesimpulan.

Menurut saya, artikel jenis ini paling susah dicatat (khususnya pemula). Karena kita perlu memburu data dan bukti kuat-meyakinkan untuk memberikan dukungan opini kita. Selain itu, saya kerap menyaksikan banyak penulis pemula yang mengeluhkan penilaiannya tidak termuat di koranatau media massa tertentu walau sebenarnya telah cobanya berulang-kali.

Sebetulnya, berpendapat atau berpendapat itu gampang, asal argumen kita memberikan keyakinan. Persyaratan sukses menulis artikel argumentasi ialah: Anda betul-betul harus kuasai permasalahan plus BANYAK MEMBACA. Janganlah sampai kita ditertawakan karena ada info yang ganjil atau tidak rasional atau salah kutip atau kedaluwarsa yang kita masukan ke dalam artikel.

Contoh Artikel Argumentasi

Himbauan Mendikbud dan Menpen untuk melakukan sulih bahasa (dubing) semua film asing, baik di TV maupun di gedung bioskop, nampaknya lebih merupakan instruksi lantaran ada batas waktu yang diberikan selambat-lambatnya 16 Agustus 1996, atau 3,5 bulan setelah himbauan dilontarkan.

Yang jadi masalah tentu bukan semata-mata waktu yang singkat itu, tetapi berbagai hal yang menyangkut film itu sendiri. Ini tergambar dari pendapat berbagai pihak yang berbeda-beda mengenai hal ini.

Artikel Persuasi

Artikel jenis ini populer dengan arikel motivasi. Karena penulisannya memiliki sifat merayu alias persuasif. Dampaknya bisa gerakkan pembaca untuk lakukan atau ikuti suatu hal dan kebalikannya tinggalkan suatu hal.sebuah hal. Saya lebih suka menyebutnya sebagai artikel godaan.

Artikel ini umumnya sering dipakai oleh pelaku bisnis, konselor, agamawan, psikiater, terapi, pengambil peraturan dan siapa yang ingin membawa publik untuk ingin, ikhlas, semangat, semangat mengaminkan dan tidak menampik apa yang mereka pasarkan.

Cara Menulis Artikel Persuasi

  • Tetapkan permasalahan/ topik.
  • Menetapkan arah tulisan.
  • Tentukan rumusan ide dasar (tertulis).
  • Bangun cerita dengan menyuguhkan data dan bukti untuk memberikan keyakinan seseorang hingga bisa gerakkan pembaca untuk kerjakan kebaikan dan menjauhi dari terburukan.
  • Tulis kesimpuplan.

Kita akan betul-betul sukses menulis artikel jenis ini ialah: Kita harus alami, rasakan (atau sedikit alami/ rasakan) apa yang kita ingin seseorang alami dan rasakan. Hingga kita dapat semangat merayu orang untuk ikuti pesan dalam tulisan kita. Jika kita semangat, pembaca akan semangat membacanya. Dan keinginan kita semoga mereka tergerak dan menyepakati ajakan kita. Meskipun mereka tidak/ belum mengaplikasikan ajakan kita, minimum mereka sepakat dan menyetujui.

Contoh Artikel Persuasi

Ujian akhir nasional akan segera tiba, oleh sebab itu siapkan dirimu dengan belajar yang giat dan tekun agar kita sanggup menghadapi dan menjawab semua soal-soal yang diberikan kepada kita nantinya.

Tentunya kita tidak mau gagal dalam ujian nasional kali ini, sebab hal tersebut pastilah sangat memalukan dan disayangkan, sebab kita telah belajar selama hampir 3 tahun di sekolah ini. Jangan sampai kita gagal mengahadapi ujian yang hanya 4 hari itu. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka persiapkanlah dirimu untuk menghadapi ujian jauh-jauh hari sebelum ujian nasioanal akan dimulai.

Artikel SEO

Artikel SEO ialah artikel yang di peruntukkan untuk memaksimalkan penelusuran keyword di situs mesin pencari seperti gooogle. Ini bukan satu jenis artikel tertentu. Ini ialah artikel yang di peruntukkan khusus untuk menulis online di website atau situs. Jenis artikelnya sama dengan artikel yang telah saya sebutkan di atas. Artikel SEO dapat berbentuk deskripsi, cerita, eksposisi, argumentasi atau persuasi. Namun perlu penataan tertentu supaya mesin perayap, seperti google, gampang merayap dan mengidentifikasi topik sebuah situs atau website.

Inti dari menulis artikel SEO ialah: mengaplikasikan ketentuan mesin perayap dalam menulis artikel hingga robot penjelajah mesin itu gampang mencari dan menyarankan tulisan kita tampil di halaman muka hasil penelusuran.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *