Gaji Seorang Editor di Indonesia beserta jurusan kuliahnya

Gaji seorang editor jadi topik yang menarik untuk kita bahas mengingat profesi ini banyak yang mengindamkan khususnya di kalangan generasi millenial dan gen z. Seorang editor mempunyai peran penting dalam terbitnya suatu karya tulis. Tak hanya buku, editor juga berperan dalam pembuatan naskah film dan karya tulis lainnya. Info lowongan kerja daerah Jawa Barat.

Adapun fungsi seorang editor adalah untuk memastikan tulisan yang akan diterbitkan sudah baik secara tata bahasa ataupun selera baca para targetnya. Tak hanya itu, seorang editor dituntut untuk menguasai isi dari tulisan dan berperan membuat gaya penyampaian tulisan menjadi tepat. Lalu berapa gaji seorang editor dari pemula hingga senior? yuk simak rangkuman gaji seorang editor.

Gaji seorang editor

Gaji seorang editor berbeda-beda sesuai dengan tempat kerja, perusahaan dan pengalaman kerja. Gaji seorang editor di Jakarta dan Yogyakarta tentunya beda mengingat besaran gaji minimumnya berbeda.

Namun perbedaan yang mencolok adalah dari pengalaman seorang editor itu tersendiri, yaitu terbagi atas pemula dan senior.
Dilansir dari situs indeed gaji rata-rata seorang editor di Indonesia adalah Rp 3.848.734. Sedangkan rata-rata gaji editor di Jakarta adalah Rp 3.848.734 dan untuk Bandung Rp 2.630.638.

Angka tersebut baru saja rata-rata, artinya kamu bisa mendapatkan gaji lebih dari nominal tersebut. Namun jika kamu masih menjadi editor buku pemula, jangan mengharapkan gaji yang besar. Namun seiring berjalannya waktu dan keahlian kamu makin meningkat, gaji yang akan kamu terima akan lebih besar.

Kendati demikian, dilansir dari website resmi Gramedia, penerbit terbesar di Indonesia mengungkapkan bahwa gaji editor berkisar dari 4 juta hingga 6 juta perbulan.

Mengenal profesi editor

Seorang editor umumnya bekerja di perusahaan penerbitan buku dan media massa. Menariknya, seorang editor adalah pembaca pertama dari buku atau karya tulis yang akan diterbitkan secara komersial. Suatu kebanggan bagi seorang editor jika buku yang ia edit bisa menjadi best seller.

Tugas utama seorang editor adalah mencari tulisan yang diterbitkan, mengeditnya dan menerbitkan tulisan itu jika sudah sesuai dengan kriteria baik dari segi tulisan dan visual. Maka dari itu, seorang editor tak hanya harus menguasai segi estetika tulisan, lebih dari itu harus menguasai dalam segi visual.

Kebutuhan seorang editor diprediksi akan melonjak tinggi mengingat pada zaman digital saat ini kebutuhan akan konten makin tinggi termasuk konten tulisan.

Maka dari itu penerbit berlomba-lomba menerbitkan buku dengan kualitas terbaik yang bisa laku di pasaran. Namun seorang editor juga berperan besar dalam pembuatan buku yang berkualitas.

Jurusan Kuliah Editor

Sebetulnya untuk menjadi seorang editor, kamu bisa berkuliah di jurusan mana saja asalkan mempunyai skill dan keterampilan menjadi editor. Namun ada jurusan kuliah yang bisa mendukung kamu jadi seorang editor dan jadi nilai plus ketika melamar pekerjaan.

Adapun jurusan kuliah yang menunjang kamu jadi seorang editor adalah Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Ilmu komunikasi, Filsafat, dan sastra asing lainnya. Jurusan tersebut bisa menunjang kamu jadi seorang editor karena skill dasar menjadi editor sudah mereka pelajari.

Namun jika kamu ingin menjadi seorang editor, kamu harus menguasai beberapa keterampilan khusus menjadi editor. Keterampilan ini meliputi keterampilan menulis, keterampilan berpikir logis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, keterampilan menguasai EYD dan lain-lain.

Nah demikian penjelasan kami tentang gaji seorang editor. Terima kasih, semoga bisa menjadi inspirasi bagi kamu atau jawaban bagi kamu yang berminat menjadi seorang editor professional.

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *