Pahami Dulu Apa Itu SEO?

apa itu seo

Pahami Dulu Apa Itu SEO?-Pertanyaan seringbanget muncul dari orang yang baru memulai membuat web atau blog. Argumennya, dengan mengaplikasikan beberapa cara optimisasi SEO, web atau blog lebih gampang memperoleh rangking tinggi pada hasil penelusuran Google.

Ya, secara simpel, memang itu faedah dari implementasi SEO di web atau blog. Tetapi, itu baru sejumlah kecil dari ide SEO. Di artikel ini gua bakal mengulas selengkapnya apakah itu SEO. Dari pemahaman SEO, langkah kerjanya,beberapa indikator khusus SEO, sampai kenapa SEO penting untuk web lu.

Pemahaman SEO

Search Engine Optimization atau SEO ialah usaha optimasi web untuk memperoleh rangking paling atas pada hasil penelusuran. Dengan memperoleh rangking tinggi pada hasil penelusuran, kekuatan trafik organik lu juga bertambah.

Kecuali hasilkan trafik organik yang tinggi, SEO akan sangat menolong lu memperoleh trafik yang tepat. Jadi lu bukan hanya konsentrasi pada trafik tinggi, tapi juga trafik yang pas sesuai arah khusus web lu.

Untuk dapat memperoleh trafik tinggi yang pas target, lu perlu mengikut beberapa aturan yang sudah diputuskan oleh mesin pencari, dalam masalah ini yang paling populer yaitu Google. Lu harus pahami bagaimanakah cara kerja SEO, algoritma Google, dan tanda khusus SEO. Semua akan lu dalami di artikel ini.

Baca Juga : Panduan Belajar SEO untuk Website

Langkah Kerja SEO

Mesin pencari tentunya mempunyai algoritma untuk menentukan content yang mana pantas tempati rangking paling atas hasil penelusuran. Ini berlaku untuk semuanya mesin perayap baik itu Google, Yahoo!, Bing, atau Duckduckgo.

Gua tidak mengulas algoritma di tiap mesin pencari karena itu bakal panjang. Di sini gua cuman mengulas algoritma Google. Mengapa? Karena Google kuasai lebih dari 90 % market share mesin perayap di penjuru dunia. Jadi saat mengulas langkah kerja SEO, algoritme Google jadi dasarnya.

Google selalu mengupdate algoritmanya untuk memberi hasil penelusuran yang lebih berkaitan dan solutif untuk pemakainya. Dari dulu hingga saat ini, kurang lebih telah ada delapan major up-date untuk algoritma Google.

Jadi lu harus selalu pantengin up-date mengenai algoritma Google ini. Karena cara optimisasi yang berdasar algoritme lama Google tidak memberi dampak apa saja. Misalkan, salah satunya strategi lama yang dipakai ialah kata kunci (keyword) stuffing.

Kata kunci (keyword) stuffing ialah praktek masukkan konsentrasi kata kunci (keyword) sebanyaknya dalam suatu artikel. Strategi ini dahulu cukup efisien, bahkan juga bila content lu singkat dan tidak berkaitan benar-benar dengan konsentrasi kata kunci (keyword) yang lu masukan.

Tetapi, dengan penyempurnaan algoritme Google, sekarang strategi itu tak lagi efisien. Bahkan juga lu bisa mendapatkan penalti bila kedapatan mengaplikasikannya. Content lu bisa dipandang berisi spam bila kebanyakan mengulang-ulang konsentrasi kata kunci (keyword).

Jika demikian, cara optimisasi SEO apakah yang sesuai algoritme Google terkini? Minimal ada delapan tanda SEO berdasar algoritme Google terkini, dari susunan URL sampai kecepatan web.

Tanda Khusus SEO

Tanda khusus SEO selalu berbeda secara periodik. Pengubahan tanda ini tergantung pada algoritme Google. Bila Google mengupdate algoritmenya, tanda SEO juga berbeda.

Susunan URL

Susunan URL yang simpel mempermudah mesin perayap untuk mengenal web lu dan topik khusus yang lu ulas. Seharusnya buat susunan URL yang simpel, cukup memiliki kandungan nama domain dan judul artikel.

Pemakaian SSL/TLS

Semenjak 2014, Google mulai memprioritaskan situs-situs yang memakai SSL/TLS. Karena web dengan SSL/TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di web itu. Jadi keamanan data pemakai lebih aman.

Disamping itu, Google Chrome sudah mengidentifikasi web tanpa SSL/TLS sebagai not secure. Bila domain web Anda belum memakai SSL/TLS, kalo lu belum pake ssl, sekarang waktunya lu pasang ssl.

Langkah ketahui apa web Anda telah menggunakan SSL/TLS ataukah belum ialah menyaksikan alamat web di browser. Jika dengan diawali HTTP, maknanya web Anda belum memakai SSL/TLS. Web yang telah aktifkan SSL/TLS, alamat situsnya dengan diawali HTTPS.

Baca Juga : Cara Memasang SSL di WordPress

Topik Content

Lu harus mempunyai beberapa topik khusus yang sama-sama terkait untuk membuat susunan web yang bagus. Sesudah tentukan beberapa topik khusus, lu perlu membuat content berkenaan beberapa topik itu.

Misalkan, yang lu punya yaitu blog teknologi. Minimal ada banyak topik khusus seperti perkembangan teknologi, pengaruh teknologi, dan lain sebagainya. Ke-3 topik itu sama-sama terkait dengan topik khusus blog, yaitu teknologi.

Makin banyak content yang mengulas topik yang sama-sama terkait, makin kemungkinan besar web Anda untuk ada di halaman pertama hasil penelusuran topik itu. Karena web dengan content yang topiknya sama-sama terkait lebih gampang dikenal oleh mesin pencari.

Baca Juga : Tips Belajar Blogspot Pemula

Search Intent

Satu keyword dapat ditujukan untuk dua hal yang lain ataupun lebih. Search intent atau tujuan penelusuran ialah apa yang diharapkan oleh banyak pencarian pada satu keyword tertentu.

Misalkan, saat masukkan keyword “resep masakan” di Google, hasil penelusuran teratasnya akan tampilkan bermacam portal informasi resep masakan semacam ini.

Mengapa web yang mengulas pemahaman masakan, tipe masakan, beberapa macam resep masakan tidak dapat meraih kemenangan di keyword ini? Karena sebagian besar pemakai yang cari keyword “resep masakan” berniat untuk cari resep resep masakan, bukan pemahaman masak dan beberapa jenisnya. Jadi Google memprioritaskan content yang sesuai search intent umumnya pemakai.

Susunan Content

Lu juga harus membuat content yang gampang dimengerti. Mudahkan pembaca dalam mendapati jawabnya di content lu dengan susunan yang pasti dan rapi.

Triknya lumayan gampang, yakni memakai heading dan subheading untuk beberapa poin terpenting dalam content. Anda bisa juga menambah photo, gambar contoh, infografik, atau bahkan juga video untuk menolong pembaca pahami content lu.

Meta Tags

Meta tags terbagi dalam judul tag dan meta description. Perannya ialah menolong Google untuk pahami keseluruhnya content dalam suatu halaman web. Pertama, judul tag ialah judul artikel lu yang ada di hasil penelusuran. Judul artikel tidak dapat begitu panjang karena Google akan mengguntingnya seperti standard yang berjalan.

Ke-2 , meta description ialah text yang meringkas content lu pada hasil penelusuran. Text ini berada pas di bawah judul dan URL artikel.

Back-link

Back-link tetap jadi salah satunya aspek terpenting. Makin banyak back-link ke weblu, Google akan memandang web lu mempunyai integritas tinggi. Tetapi, back-link itu harus juga berawal dari web atau blog berkualitas, bukan blog atau web berkualitas rendah.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

Kecepatan Web

Kecepatan loading web memiliki peran penting dalam website Anda. Semenjak 2018, Google memutuskan kecepatan loading web (di desktop dan piranti mobile) sebagai salah satunya tanda khusus SEO. Makin cepat loading web, makin kemungkinan besar untuk memperoleh rangking semakin tinggi pada hasil penelusuran Google.

Tipe-Jenis SEO

Ada dua tipe SEO, yakni SEO on page dan SEO off page. Ke-2 nya sama penting dan sama-sama terkait. Jadi lu harus mengaplikasikan ke-2 nya untuk praktek SEO di web lu semakin maksimal.

SEO On Page

Apakah itu SEO on page? SEO on page ialah beberapa langkah optimisasi SEO yang dilaksanakan dalam web lu. Langkah-langkah optimisasi SEO on page mencakup: permalink, judul content, susunan content, pemakaian heading, kecepatan web, topik responsive, sampai internal link.

SEO Off Page

Berlainan dari SEO on page, SEO off page ialah beberapa cara optimisasi SEO yang dilaksanakan di luar web lu. Jadi optimasi content dan web lu aja belumlah cukup. Ada beberapa faktor di luar web yang dapat punya pengaruh pada kualitas SEO lu.

Salah satunya faktor di luar web yang cukup memengaruhi kualitas ialah back-link atau inbound link. Back-link jadi tanda jika content Anda jadi referensi web lain. Makin banyak web berkualitas yang mengarah ke content lu, makin baik. Google memandang web Anda sebagai web yang dapat dipercaya dan tingkatkan kesempatan untuk naik rangking.

Mengapa SEO Penting untuk Web?

Ini sudah menjadi kewajiban untuk semuanya web. Kenapa cara optimisasi ini demikian penting? Apa faedahnya untuk web Anda?

Mesin Pencarian ialah Sumber Info

Sekarang beberapa orang dapat memperoleh info cuman dengan 1 click saja, yakni dengan mesin pencari. Di Indonesia sendiri, 75 % pemakai internet telah terlatih memakai mesin pencari seperti Google untuk cari bermacam jenis info, dari info harga, informasi, info kesehatan, sampai info politik.

Trafik Dikuasai Content di Halaman Pertama

Ada di hasil penelusuran Google saja masih kurang. Kalo content lu cuman ada di halaman ke-2 , ke-3 , atau bahkan juga di atasnya, peluang untuk memperoleh trafik lebih kecil. Content lu minimal harus ada di halaman pertama!

Web Anda Diketemukan Lewat Bermacam Kata Kunci

Dengan mengaplikasikan cara optimisasi SEO, web lu akan lebih gampang diketemukan dari bermacam keyword. Lu bisa dapat mencapai semakin banyak audience memakai bermacam jenis keyword yang terkait dengan topik khusus yang lu bahas.

Misalkan, topik khusus web/blog lu ialah teknologi. Ada beberapa keyword terkait dengan berolahraga yang dapat Anda bidik. Anda dapat mengulas mengenai komputer, internet, smartphone, dan masih banyak keyword lain yang berhubungan dengan teknologi.

Brand Awareness dan Integritas Bertambah

Kondisi ini menuntut pemilik usaha untuk dapat mempunyai brand awareness yang bagus supaya bisa selalu diketemukan di dunia maya. Salah satunya langkah terbaik untuk membuat merek awareness di zaman digital ini dengan tingkatkan kualitas SEO.

Makin gampang web lu di temukan pada hasil penelusuran Google, makin beberapa orang yang ketahui web lu. Dengan demikian beberapa orang akan makin akrab dengan usaha lu dan brand awareness online lu akan bertambah.

Trafik Organik Lebih Gampang Diubah

Salah satunya argumen kenapa demikian penting untuk usaha ialah keringanan untuk alterasi (conversion). Pengunjung yang tiba secara organik condong lebih gampang di ubah jadi leads atau konsumen setia. Berdasar data SimilarWeb, trafik organik 10 kali lebih gampang di ubah di banding trafik dari sosial media.

Yu mulai praktekan yang barusan gua bahas sedikit demi sedikit.

Begitu keterangan berkenaan apakah itu SEO dan langkah kerja, tanda, dan faedahnya. Keinginannya dengan membaca artikel ini Anda telah memahami beberapa dasar SEO, dari pemahaman SEO sampai beberapa faktor khusus yang memengaruhinya. Sekian ulasan dari firmanai Terima Kasih

You May Also Like

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *