Ketahui Perbedaan dari WordPress.com dan WordPress.org

Perbedaan dari WordPress com dan WordPress org

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.orgPada ulasan mengenai wordpress, kesempatan ini kita akan mengulas mengenai perbedaan yang ada pada wordpress.com dan wordpress.org. Kemungkinan bila lu udah baca artikel gua tentang blog, kalian akan mendapati artikel yang telah mengulas sedikit mengenai tipe dari wordpress, yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Nah sekarang di sini kita akan mengulas lebih kembali berlanjut mengenai apakah bedanya website wordpress.com dan wordpress.org. Tentu saja dengan keterangan yang lebih komplit semoga lu bisa cepet paham dan ngerti.

Baca Juga :Tutorial Cara Membuat Website Dengan Domain Gratis dan Hosting Gratis

Pendahuluan

Bila awal mula saat anda pelajari apakah itu wordpress, kemungkinan lu pernah lakukan penelusuran di google berkaitan keyword “wordpress” kan? Kemungkinan iya, tetapi gua sendiri pernah ngelakuin hal itu. Yang gua dapet ada dua web yang mempunyai nama domain hampir serupa, yakni wordpress.com dan wordpress.org. Dan waktu itu gua ga tau yang mana asli dan yang mana palsu. Dan pada akhirnya saya coba semua. Ketidaksamaan fundamental dari ke-2 nya ialah ketidaksamaan service yang diberi. Untuk wordpress.com biaya untuk melakukan blogging yang selanjutnya disiapkan beberapa opsi paket untuk nikmati service di wordpress.com.

Service itu ada yang gratis dan ada yang berbayar sesuai keperluan web yang akan anda bikin nantinya. Dan ditegaskan antara paket service itu ada ketidaksamaan yang diberi. Bila menggunakan yang versi gratis, lu bakal memperoleh beberapa fitur yang terbatas untuk mengendalikan sesuai keperluan lu.

Selanjutnya dengan wordpress.org, lu dapat gratis memperoleh file paket instalasi situsnya tetapi mengaplikasikan service self hosted. Yang maknanya bila lu ingin jalankan paket instalasi itu lu harus mempunyai hosting lebih dulu, bila tidak karena itu anda tidak dapat menjaringnkannya.

Penting untuk kita ketahui point perbedaan nya supaya lebih mempermudah lu buat memahaminya.

Baca Juga : Cara Belajar Blog Untuk Pemula

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Silahkan kita bandingkan selanjutnya ketidaksamaan wordpress.com dan wordpress.org

  1. WordPress Control

WordPress.com

Untuk kontrol pada wordpress.com akan seutuhnya diambil atau digenggam oleh penyuplai service yakni wordpress.com. Apa lagi jika lu menggunakan paket free atau cuma-cuma, karena itu lu bakal terbatasi selama mengatur situsnya.

WordPress.org

Lalu jika menggunakan wordpress.org lu akan memperoleh akses penuh untuk mengendalikan web yang lu punyai. Karena lu mempunyai tempat hosting sendiri dan file paket instalasi dari web wrodpress.org berbasiskan open source, karena itu lu dapat mengendalikan dan mengganti apa yang ada pada web sesuai kemauan lu sendiri.

  1. Pemeliharaan WordPress

WordPress.com

Untuk pemeliharaan atau perawatan akan dilaksanakan oleh wordpress.org. Walau lu pilih paket service yang gratis, tetapi lu tetap memperoleh perawatan tiap bulannya. Dan ditegaskan perawatan yang dilaksanakan mempunyai kualitas yang baik.

WordPress.org

Sedang karena wordpress.org kendaliannya digenggam penuh oleh pemakai, karena itu perawatan dilaksanakan oleh pemakai. Oleh karena itu anda perlu lakukan pemeliharan secara teratur supaya web anda masih up-date dari sisi mekanismenya atau isinya.

  1. Theme dan plugin

WordPress.com

Di website wordpress ini theme dan plugin yang disiapkan terbatas, apa jika lu menggunakan paket service yang gratis. Bila lu mau menambah atau menempatkan theme atau plugin pada web anda, karena itu anda harus mengupgrade paket service yang lu punyai.

WordPress.org

Sedang wordpress.org lu dapat menambah dan menempatkan theme dan penggunaan plugin sesuka lu, karena akses yang diberi penuh ke lu. lu juga bisa manfaatkan theme atau plugin yang berbayar untuk terpasang pada web lu. Inilah yang menjadi salah satu pertimbangaan untuk membeli wordpress.org.

  1. Analytics

Web Analytics WordPress.com

Lu cuman bisa menyaksikan riset simpel yang disiapkan dan wordpress.com. Apabila lu ingin memadukannya dengan google analytics, karena itu lu perlu mengupgrade paket service lu sampai bussiness. Bila di bawah itu, anda cuman akan memperoleh riset simpel.

Web Analytics WordPress.org

Karena akses penuh yang diberi, lu bisa menempatkan riset dari software mana saja sesuka lu. Lu juga bisa menggunakan software dari google atau bahkan juga dari software lain seperti KissMetrics, MixPanel, dan lain-lain. Dengan demikian riset yang lu kerjakan akn lebih kuat dan tepat sebab bisa menggunakan beberapa media.

  1. Biaya

WordPress.com

Karena mempunyai beberapa paket service. Karena itu Biaya bergantung pada paket itu. Tetapi keunggulannya ialah bila lu tidak ada uang, anda dapat menggunakan paket service yang gratis lebih dulu. Baru sesudah ingin menambahkan kelengkapannya, anda dapat meng up-grade nya.

WordPress.org

Bila disaksikan dari file instalasinya saja jadi tidak ada biaya yang dikeluarkan atau cuma-cuma. Tetapi untuk menjaringnkannya lu perlu memiliki tempat hosting yang membutuhkan biaya dan domain.

Oleh karena itu, biaya ini akan semakin banyak dikeluarkan dibandingkan yang versus.com. Tetapi jika lu pinter mencari penyedia hosting, bisa saja anda makin lebih irit. Tetapi bila anda tidak memiliki uang untuk hosting atau ingin press ongkos anda dapat menggunakan hosting gratis, seperti yang gua pake sekarang yaitu idcloudhost.com 

  1. SEO

SEO WordPress.com

Untuk penataan search engine optimization lu perlu mengupgrade paket service yang lu gunakan. Karena service free tidak di siapkan plugin untuk dapat mengendalikan search engine optimization dari web.

Baca Juga : Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) 

SEO WordPress.org

Karena lu bebas menempatkan plugin, karena itu lu dapat dengan bebas menempatkan plugin untuk mengendalikan search engine optimization untuk web lu sendiri tanpa batasan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan SEO yang Bagus Untuk Website

  1. Iklan

Ads WordPress.com

Kalo lu menggunakan service yang gratis, karena itu lu akan menyaksikan iklan yang mendadak di pasang pada halaman web anda. Dan untuk hilangkan iklan itu kembali lagi anda perlu untuk mengupgrade service nya.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Google Ads

Ads WordPress.org

Tidak bakal ada iklan dari faksi wordpress pada halaman web lu. Karena lu mempunyai hak penuh untuk mempunyai dan mengganti content yang ada di web lu sendiri.

Baca Juga : Penyedia Iklan Untuk Website Selain Google AdSense

  1. Monetasi

WordPress.com

Kemungkinan ada beberapa dari kalian ini menempatkan iklan pada web lu untuk hasilkan uang dari iklan itu. Pasti bukan iklan dari wordpress ya, tetapi iklan dari adsense atau yang lain. Tetapi, ini akan susah lu kerjakan bila menggunakan wordpress.com, apa lagi bila menggunakan service yang gratis. Tetapi dengan usaha yang luamayan, lu bisa memasangnya.

WordPress.org

Karena kendalian penuh, lu bisa bebas memasang iklan dari bermacam penyuplai iklan sesuka lu. Dengan demikian lu dapat memperoleh pendapatan dari web lu.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan WordPress

Kesimpulan

Sebelum lu memilih untuk membuat website kenali dahulu hosting dan domain. Menggunakan wordpress yang di urus sendiri memerulukan biaya hosting.

Pilih yang gratis meskupun mendapat domain gratisan untuk menggunakan wordpress tetapi dengan bermacam kebatasan seperti tampilah powered by wordpress yang tidak bisa di hilangkan. atau menggunakan file gratis tetapi harus keluarkan dana saat jalankan. Pasti itu semuanya ada pada opsi lu sebagai pemakai. Sekian ulasan dari firmanai Terima Kasih sudah membaca

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *