Sudah Tahukah Perbedaan Pekerjaan dan Profesi ? Mari Simak Ulasan Berikut

Perbedaan Pekerjaan dan Profesi

Halo Sobat ininih di kesempatan kali ini tema yang akan admin sampaikan adalah tentang, Pekerjaan dan Profesi.

Pekerjaan adalah sekumpulan kedudukan atau posisi yang memiliki persamaan kewajiban atau tugas pokok, sedangakan profesi adalah bidang pekerjaan yang menuntut keahlian bidang intelektual tingkat tinggi dan tanggung jawab etis yang mandiri dalam prakteknya.

Lalu, apa kriteria pekerjaan yang merupakan profesi ?
  • Mempelajari suatu bidang ilmu khusus
  • melibatkan kegiatan – kegiatan intelektual
  • membutuhkan persiapan secara profesional
  • Membutuhkan latihan dalam suatu bidang secara berkelanjutan
  • Mementingkan pelayanan kepada masyarakat daripada kepentingan pribadi
  • Memiliki organisasi profesi sesuai bidang profesional yang kuat
  • Menjanjikan karir dan keanggotaan yang permanen

Tahukah kalian mengapa setiap orang penting memiliki karir atau pekerjaan ? karir atau pekerjaan menjadi penting untuk mencari nafkah, yaitu mendapatkan hal-hal mendasar untuk bisa terus hidup. Seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal. Apa yang Perlu Kita Siapkan Agar Memiliki Karir atau Profesi yang Mantap ? Pertama tentu saja harus memiliki pendidikan, keterampulan, hubungan sosial yang baik dan kepribadian yang terpuji. Info lowongan kerja daerah Jawa Barat

Pengertian Apa Itu Pekerjaan

Definisi umum yang luas “pekerjaan” adalah kegiatan atau suatu aktivitas pokok yang dilakukan manusia. Istilah pekerjaan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang yang memiliki maksud dan tujuan yang benar dengan cara berbeda-beda.

Seluruh manusia memang sudah harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan dalam keseharianya agar tetap survive dalam menjali kehidupan ini. Oleh sebab itu, hasil dari selama kita bekerja harus dilakukan dengan cara yang baik dan halal, jangan sampai kita bekerja dengan cara yang bisa menyakiti orang lain.

Untuk sebagian orang ada yang ingin bekerja agar kehidupan sehari-harinya bisa terus menyambung nyawa. Bagi diri mereka sehari tidak melakukan pekerjaan maka konsekuensi yang mereka terima adalah tidak bisa mengisi perut yang kosong. Coba deh kita bayangin gimana rasanya jika perut kosong seharian.

Bagi sebagian kebanyakan orang lainnya ada yang bekerja untuk mengincar harta kekayaan, bisa saja untuk sebagian orang yang seperti ini memang terlahir sudah kaya atau bahkan mungkin juga belum kaya dan ingin menghasilkan uang yang lebih banyak lagi.  Ada juga orang yang memiliki jiwa sosial yang tinggi ingin bekerja untuk menjadi pelayanan masyarakat.

Makna dan Tujuan Bekerja

Seberapa seringkah kalian menanyakan kepada orang lain atau bahkan kepada diri kamu sendiri “Tujuan kamu berkerja itu untuk apa?” Berdasarkan dari pengalaman saya inilah tujuan sebenarnya dari bekerja :

  • Mencari Banyak Pengalaman Bekerja

Bekerja itu adalah hal wajib yang harus semua orang lakukan, bukan hanya untuk menyambung hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari , karena bekerja sudah pasti kita akan menerima dampak positif dari diri kita dan buat diri kita sendiri. Semua pengalaman kita ketika bekerja itu akan sangat berpengaruh untuk diri kita dimasa yang akan datang. Seperti ini contohnya, kamu memiliki pengalaman pernah memimpin project besar yang memberikan nilai positif untuk perusahaan, kamu dapat pengalaman kepemimpian yang bisa kamu bawa selama kamu hidup.

  • Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial

Untuk sebagian orang ada yang ingin bekerja untuk memenuhi kebutuhan sosial, biasanya tipe orang yang seperti ini beranggapan kalau bekerja itu sama seperti berinvestasi dalam jangka panjang yang nantinya sangat berguna di masa yang akan datang.

  • Bekerja Dengan Niat Ibadah

Kebanyakan orang bekerja itu sama dengan melakukan suatu ibadah yang memang sudah wajib harus dilakukan, dalam proses dia bekerja dengan tujuan yang sangat baik yaitu beribadah, tipe orang yang seperti ini akan berupaya agar tidak merugikan bagi orang lain (berbuat curang).

Pengertian Apa Itu Profesi

Profesi adalah kegiatan yang dijalankan bedasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut melaksanakan norma-norma sosial dengan baik. Kata profesi berdasarkan dari kata latin yaitu profession

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *