Pada eranya berjualan online seperti sekarang ini, kepentingan dari ujung rambut sampai ujung kaki, dapat kalian dapatkan di internet. Dalam kata lain, apa dapat kalian jual lewat cara online. Tetapi, kalian tentu saja tahu. Walau ada banyak peluang, tidak semuanya orang mempunyai cerita sukses berjualan online. Cukup banyak online shop yang tutup di tengah-tengah jalan.
Perubahan usaha online atau jualan lewat cara online sudah alami kenaikan yang lumayan baik saat sekian tahun terakhir. Untuk beberapa customer untuk cari barang dimulai dari ujung kepala sampai ujung kaki dapat diketemukan lebih gampang lewat cara online.
Tetapi, walau untuk kesempatan pada usaha lebar terbuka untuk siapa saja, tidak seluruhnya mengalami keberhasilan sesuai dengan ekspetasi, ada yang tidak berhasil, ada juga yang sukses. Untuk kesuksesan yang dicapai pun tidak segampang membalikan telapak tangan berikut kami memiliki tips cara sukses jualan online.
Tips dan Cara Sukses Jualan Online yang Bisa Kamu Lakukan
Kenali Produk
Apa yang menjadi sebagai keunggulan produk dalam usaha kamu ?
- harga dapat dijangkau
- kualitas super
- pertama dalam kelasnya.
Pertanyaan seperti yang diatas ini condong lebih gampang untuk dijawab. Bagaimana jika diganti pertanyaannya jadi, apa yang menjadi sebagai keunggulan produk yang tidak dimiliki oleh kompetitor ?
Pertanyaan itu sebaiknya membuat Kalian berpikiran. Karena, di sanalah Kalian mencari jawaban unique selling points (USP) atau dikatakan sebagai harga jual produk. USP itu yang nantinya bisa menjadi kunci untuk membandingkan usaha kamu dari pesaing.
Membuat Website Toko Online
Banyak yang berpikiran tak perlu untuk membuat online shop sendiri, salah satu alasannya adalah jumlah marketplace saat ini yang semakin populer saat ini. Keunggulan marketplace saat ini memang cenderung mudah untuk diaplikasikan untuk dipakai dan tidak membuang – buang waktu. Tetapi, dengan kemudahannya tersebut menjadikan kamu memiliki kompetitor yang akan membuat berebutan calon konsumen setia dan pada akhirnya kamu akan memasang harga produk kamu dengan murah.
Tetapi, sesudah jalani proses itu brand kamu belum tentu juga dikenal dengan baik. Mereka cuman akan ingat marketplace yang dipakainya dibanding dari brand produk punya kamu. Karena itu jadi penting buat kamu mempunyai web sendiri untuk sebagai alat memperkenalkan brand dan produk yang kamu miliki.
Keunnggulan membuat toko online sendiri merupakan salah satu planing yang sangat strategis untuk menjadikan alat membangun brand kamu, dengan toko online yang kamu miliki sendiri, kamu dapat melakukan desain website sesuai dengan brandingan kamu sendiri. Tidak cukup sampai disitu, melalui toko online kamu sendiri maka kamu memiliki data costumer yang menjadi target pasar kamu dan kamu akan memilki informasi apa yang sedang menjadi tren penjualan.
Semua usaha pemasaran dapat dilaksanakan secara terkonsentrasi. Point itu harus diingat sebagai keunggulan lain dari mempunyai online shop sendiri. Pada sebuah halaman dasbor, Kamu punya kontrol untuk membikin suatu promosi, melaunching kontes, memberi customer service, memanajemen inventori produk, dan atur reseller. Bagaimana? Sekarang kamu telah percaya dengan kelebihan online shop ?
Apabila sudah, kamu bisa beli domain di niagahoster. Berikut adalah langkah untuk membuat toko online Kamu sendiri :
- Pesan hosting dan domain di sini;
- Instal WordPress.
- Tentukan CMS atau basis online shop. Misalkan, WooCommerce, Shopify, PrestaShop atau lainnya.
- Lakukan penataan situs dan input produk.
- Unduh e-book Tutorial Membuat Toko Online untuk Pemula. Di e-book, Kamu akan peroleh semua insight yang dibutuhkan. Dimulai dari membuat menu, memutuskan shipping classes, membuat pengaktifan code coupon, mekanisasi pembayaran, reports, dan lain-lain.
Fast Respon Diberbagai Channel Jualan Kamu
Keunggulan pada sebuah online shop yang dicari konsumen setia satu diantaranya ialah servicenya yang tak terbatas oleh waktu. Konsumen setia dapat kapan pun melihat beberapa produk yang kamu jual dan memesan tanpa batas waktu. Tetapi, tanggapan online shop pada konsumen setia jadi penting, karena pada intinya, konsumen setia tidak sabaran.
Kecepatan tanggapan yang kamu beri ke konsumen setia akan memengaruhi penglihatan konsumen setia pada toko onlinemu. Jika tanggapan cepat dan servis bagus, karena itu kemungkinan besar konsumen setia akan abonemen order di toko onlinemu. Saat kamu memberi tanggapan yang cepat ke konsumen setia otomatis kamu telah menambahkan nilai plus untuk toko onlinemu. Konsumen setia akan suka jika online shop yang dikontak memberi respon secara cepat.
Pastikan Pengiriman Produk Tidak Terlambat
Bagian terpenting dari jualan online adalah kecepatan pengirimamn, bila ada orderan masuk, kamu sudah harus segera mempacking barang orderan tersebut dengan rapih. Beberapa platform memiliki feature pemberian rating untuk seller, jika ingin memiliki rating yang bagus kamu harus sudah menginput nomer resi dengan batas waktu 1×10 jam.
Akitfkan Sosial Media
cara sukses jualan online dapat dilakukan dengan menggunakan sosial media. Beberapa tahun terakhir sosmed menjadi trend secara global, peranan sosial media tadinya hanya untuk menyambungkan beragam kalangan masyarakat. Tetapi seiring waktu berjalan, peranan itu sudah berevolusi jadi tempat untuk menjalankan bisnis untuk beberapa pengusaha. Trend ini di gunakan oleh beberapa pebisnis yang mayoritas pelaku bisnis anak muda. Lantas, apa peranan penting sosial media pada usaha? Sosial media dikenali sebagai media yang ramah bujet dan benar-benar menolong perubahan usaha.
Berikut adalah fungsi sosial media untuk pengembangan bisnis :
- Memperluas jaringan
- Meningkatkan popularitas produk
- Meningkatkan pengunjung website dan peringkat search engine
- Mendapatkan hubungan baik dengan pelanggan
Kesimpulan
Ini semua adalah berbagai tips dan cara berjualan online yang harus di pelajari, karena skill untuk membuat bisnis atau usaha yang paling penting untuk saat ini kamu harus mampu menguasai marketing digital. Jika sudah menguasi dan menerapkan cara yang sudah kita bahas di atas akan mampu menolong untuk perkembangan bisnis/usaha kamu.